Pantai Berpasir Hitam dan Penuh Pagang di Geopark Ciletuh untuk Santai Sore

Pantai Cilegok, Sukabumi

Ciletuh tidak hanya soal curug. Ada pantai juga yang tidak kalah seru untuk dikunjungi. Mungkin pada kenal dengan Pelabuhanratu, sebab pantai di sana memang sudah terkenal sebagai tempat surfing. Namun, pantai-pantai di Ciletuh juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi, terutama untuk lejeh-lejeh manja.

Lejeh-lejeh manjah ala mbak Muti


Zola dalam episode memandang masa depan

Perjalanan mengunjungi curug diakhiri dengan beristirahat di Pantai Palangpang sambil menunggu sunset. Mungkin pantai ini jadi salah satu tempat nongkrong paling hits di Ciletuh, sebab banyak remaja-remaja yang menghabiskan waktu sore di sini. Sebagian pacaran, sebagian selfie sama sahabat. Malah, di perjalanan pertama, ada segerombolan anak SMA yang foto untuk buku tahunan di sana.


Selfie-selfie di pantai ala-ala akamsi lah

Pantai Palangpang cocok untuk menghabiskan waktu untuk santai di sore hari. Berteman dengan kelapa muda, sambil menunggu sunset bisa jadi cara mengisi sore yang pas. The real definition of lejeh-lejeh, he-he.



Udah cocoklah ya jadi model video klip, hehe
Karena apalah arti pantai tanpa kelapa muda

Pantai Palangpang mungkin bukan destinasi untuk pecinta olahraga air. Pasirnya hitam tapi terasa lembut. Sunset-nya, sih sama aja, karena saya berpikir sunset di mana-mana sama aja, cantik dan magical.

Dua kali ke sini, sunset pertama lebih sempurna. Oranye sempurna dan bulat. Sementara yang kedua sedikit ditutup awan.

Dalam episode menunggu senja

Masih dalam episode menunggu senja

Jika ingin merasakan pengalaman sunset lebih menyentuh, mungkin bisa mengambil trip naik kapal ke Pulau Kunti. Jadi, bisa menikmati sunset di tengah laut.

Kapal menuju Pulau Kunti


Yang unik dari pantai di sini adalah banyaknya pagang di tengah laut. Pagang ini berfungsi untuk menjaring ikan. Dari Pelabuhanratu hingga sepanjang laut di Teluk Ciletuh, banyak banget pagang bertebaran. Penasaran, sih, pengin tahu isi pagang di dalamnya seperti apa.

Penampakan pagang dari jalan raya dengan latar pantai Pelabuhan Ratu
Sebenarnya, di itinerary hanya ada satu pantai saja yang dikunjungi, yaitu Pantai Palangpang. Namun, di perjalanan pulang, di sisi kiri jalan pandangan tak terbatas melihat pantai dan deretan pagang-pagang.

Maggie dalam episode menantang lautan

Gus, udah penuh, Gus.

Muka-muka girang liat ombak
I love you to the beach and back

Eh ada Bupati Panenjoan!!!

Jika di perjalanan pertama ada destinasi dadakan berupa Curug Larangan, di perjalanan kedua destinasi dadakan jatuh pada Pantai Cilegok. Masih berada di jalur garis pantai yang sama dengan Palangpang.

Pantai Cilegok






Lucunya, karena kami ke sini di tengah hari bolong, siap-siap aja merasakan pasir yang panasnya minta ampun. Malah, Zola dengan pedenya ke pantai tanpa sandal meski akhirnya menyesal. Kami pun jadi berlarian di atas pasir yang panas, tapi begitu terkena ombak rasanya langsung adem.

Detik-detik merasakan kaki terpanggang saking panasnya

Meski di siang hari, ombaknya lumayan gede. Kami sudah menaruh tas, sandal, bahkan kamera lumayan jauh. Tiba-tiba ada ombak lumayan gede bahkan sampai hampir menyapu tempat menaruh barang-barang. Enggak kebayang ketika pasang bakal setinggi apa.

Pantai memang bukan destinasi utama di Ciletuh, tapi pantai di sini worth the visit kok.

Cheers,
XOXO
Iif

Reactions

0 Comments:

Post a Comment